Sejarah Kota Purwakarta Lengkap

    Foto : Taman Sri Baduga Purwakarta

Sejarah Kota Purwakarta - Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat. Purwakarta dikenal sebagai tempat kelahiran beberapa negarawan dan pemimpin besar asal Jawa Barat pada masa awal pendirian Republik Indonesia. Diantanya adalah pahlawan nasional Kusumah Atmaja (ketua pertama MA) dan Ipik Gandamana (Bupati pertama Bogor, Gubernur Jabar, dan Menteri dalam negeri.

Asal Muasal Purwakarta

Kata Purwakarta berarti tempat yanu mulai ramai (Purwa = permulaan dan Karta = ramai). Kabupatean Purwakarta merupakan pemekaran dari Kabupaten Karawang, dahulu letak wilayah ibukota Purwakarta terletak di Subang, kemudian mengalami pemekaran lagi menjadi Kabupaten Purwakarta dengan ibukotanya di kecamatan Purwakarta dan Kabupaten Subang dengan ibukotanya di Subang. Perubahan nama ini terjadi antara tahun 1949 sampai dengan tahun 1968.

Pembangunan Ibukota Purwakarta

R.A.A Suryanata yang merupakan Bupati Karawang pada masa itu yang bergelar Dalem Santri membangun Karawang dengan ibukotanya yang terletak di Wanayasa pada tanggal 29 Januari 1949 dengan SK wali negri pasundan Nomor 12. Kemudian Kabupaten Karawang dipecah menjadi Karawang bagian timur yang meliputi Kawedanan Subang, Sagala Herang, Pamanukan, Ciasem, dan Purwakarta.

Pada tahun 1968 berdasarkan UU Nomor 4 tahun 1968, mengenai pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang, SK wali pasundan diubah dan ditetapkan pembentukan Kabupaten Purwakarta dengan wilayah Kawedanan Purwakarta ditambah masing-masing dua desa dari Karawang dan Cianjur, hingga pada tahun 1968 Kabupaten Purwakarta hanya memiliki 4 kecamatan, yaitu: Kecamatan Purwakarta, Plered, Wanayasa, dan Campaka.

Para Bupati yang berkedudukan di Subang

R. Ateng Supraja (1948 - 1949)
R.M. Hasan Suryakusumah (1950 - 1958)
M. Tanu Gandawijaya (1958 - 1966)
Letkol RHA. Samsudin (1966 - 1968)

Purwakarta Tempo Dulu

Foto Alun Alun Purwakarta



















0 Response to "Sejarah Kota Purwakarta Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel