Sejarah Kota Subang Jawa Barat

Sejarah Kota Subang Jawa Barat - Kota Subang adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat. Ibu kotanya adalah Subang, Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Indramayu di timur, Sumedang di tenggara, Bandung Barat di selatan, serta Purwakarta dan Karawang di barat.

Berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Subang Nomor 3 Tahun 2007, Wilayah Kabupaten Subang terbagi menjadi 30 kecamatan, yang dibagi lagi menjadi 245 desa dan 8 kelurahan. Pusat pemerintahan di kecamatan Subang.

Asal Muasal Nama Subang

Berdasarkan kisah yang terdapat pada Babad Siliwangi, kata subang berasal dari nama seorang santri perempuan dari Syech Quro Karawang yang bernama Subanglarang atau Subangkarancang, yang merupakan istri dari Ki Jaman Jati. Dengan berjalannya waktu, Putri subanglarang dipersunting oleh Raden pamanahrasa yang bergelar Prabu Siliwangi sebagai raja Padjajaran, dari hasil pernikahan tersebut lahirlah 3 anak yang diberi nama Raden Walangsungsang, Ratu Rarasatang dan Kian Santang.

Versi lain menyebutkan bahwa kata Subang berasal dari kata Suweng. Suweng merupakan istilah untuk menyebut perhiasan yang dipakai wanita di daun telinganya, atau yang biasa orang sekarang menyebutnya anting. Sementara itu ada juga yang berpendapat bahwa kata Subang berasal dari kata Kubang, berdasarkan cerita rakyat dikisahkan bahwa di daerah Subang tepatnya di Rawabadak terdapat kubangan tempat mandi badak. Tetapi kemunkinan adanya hewan badak di daerah subang  belum terbukti adanya, namun di masa purba hal tersebut mungkin saja terjadi. Sementara itu kata Suweng dan Kubang mungkin hanyalah kekurang jelasan dalam pelafalan dari kata subang.

Subang Tempo Dulu



Foto yang menampakkan keadaan sebuah pasar di kalijati tempo dulu




Foto akses menuju wisata Sariater












0 Response to "Sejarah Kota Subang Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel